Selasa, 11 Oktober 2011

Jurnal KomMas : Jurnal TA Sistem Penunjang Keputusan untuk Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarcy Process)


Skripsi yang dibuat oleh : Lusi Luzeinah, Mahasiswi Program Studi Ilmu Komputer Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Jawa Barat 2009
Abstrak
Proses pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat perguruan tinggi merupakan proses mendapatkan dan menggunakan informasi mengenai mahasiswa berprestasi di perguruan tinggi untuk menentukan siapa yang pantas mengikuti pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional. Sebuah perguruan tinggi harus mengambil keputusan yang tepat mengenai pemilihan mahasiswa berprestasi, bila hal ini dilakukan dengan baik dan benar akan menjamin hasil pemilihan yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. Sistem pendukung keputusan berperan dalam membantu pihak perguruan tinggi untuk mengambil keputusan yang tepat. Pada penelitian ini telah dibuat sebuah prototype perangkat lunak Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi yang berfungsi membantu pihak perguruan tinggi mengambil keputusan yang tepat dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Fungsi utama perangkat lunak ini adalah mengolah data-data pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat perguruan tinggi.Perangkat lunak ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan untuk database menggunakan Mysql.
Kata kunci : sistem pendukung keputusan, prototype, perangkat lunak, database, Analytical Hierarchy Process (AHP).

PENDAHULUAN

 1.1.Latar Belakang
Setiap individu mahasiswa memiliki hard skills dan soft skills yang berpotensi dalam menunjang masa depannya. Namun, tidak semua individu tersebut memiliki kemauan dan kemampuan dalam mengekplorasi potensi yang dimilikinya tersebut.
Dalam era persaingan bebas, dibutuhkan lulusan yang memiliki kemampuan hard skills dan soft skills yang seimbang, sehingga mahasiswa dituntut dapat aktif dan memiliki prestasi di bidang akademik dan non akademik, ekstra dan intra kurikuler. Oleh karena itu, disetiap perguruan tinggi perlu diidentifikasi mahasiswa yang dapat melakukan keduanya dan diberikan penghargaan sebagai mahasiswa yang berprestasi, yakni dengan melakukan pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat perguruan tinggi.
Proses pemilihan mahasiswa berprestasi yang dilakukan secara manual memiliki bebebrapa kelemahan sehingga menimbulkan beberapa persoalan, diantaranya sebagai berikut.
1.Proses pengolahan data pemilihan yang memakan waktu lama. Hal ini dapat mempengaruhi terhadap proses penetapan kebijakan pihak perguruan tinggi untuk menentukan mahasiswa yang benar-benar pantas mengikuti proses selanjutnya, yakni proses pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional yang akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
2.Memungkinkan terjadinya human error dalam proses pengolahan data-data yang digunakan dalam proses pemilihan.
3.Memungkinkan terjadinya ekplorasi informasi yang minim. Informasi yang dimaksudkan adalah informasi dari hasil proses pemilihan mahasiswa berprestasi yang telah dilakukan. Informasi yang diperoleh dari hasil proses pemilihan mahasiswa seharusnya dapat dipergunakan dengan baik, sehingga memungkinkan untuk memudahkan pihak perguruan tinggi untuk melakukan kebijakan-kebijakan yang akan dilakukan dimasa mendatang.
Dalam pelaksanaannya pemilihan mahasiswa berprestasi ini menggunakan beberapa komponen atau kriteria (multikriteria) yang nantinya akan dinilai. Perumusan kriteria-kriteria tersebut dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi-Departemen Pendidikan Nasional (DIKTI). Kriteria-kriteria tersebut memiliki intensitas kepentingan (bobot) yang berbeda. DIKTI telah menetapkan komponen-komponen atau kriteria-kriteria yang akan dinilai pada pemilihan mahasiswa berprestasi ini. Kriteria-kriteria tersebut adalah sebagai berikut.
Parameter atau Kriteria yang Digunakan Dalam Pemilihan
1.Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 20%
2.Karya Tulis 30%
3.Kegiatan Intra-Ekstrakurikuler 25%
4.Kemampuan Bahasa Inggris 25%

Salah satu metode sistem pendukung keputusan yang multikriteria adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP ini cukup efektif dalam menyederhanakan dan mempercepat proses pengambilan keputusan dengan memecahkan persoalan tersebut ke dalam bagian-bagiannya.
Dengan metode AHP ini penulis membuat sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat perguruan tinggi yang berbasis komputer yang diharapkan nantinya dapat membantu para pembuat keputusan di suatu perguruan tinggi dalam memutuskan alternatif-alternatif terbaik dalam pemilihan mahasiswa berprestasi.

1.2.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, diperoleh dua rumusan masalah untuk melakukan penelitian tentang sistem pendukung keputusan untuk pemilihan mahasiswa berprestasi menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) ini, yakni sebagai berikut.
1.Bagaimana metode AHP dapat memberikan solusi dalam permasalahan pemilihan mahasiswa berprestasi ?
2.Bagaimana model sistem pendukung keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi yang berbasis komputer dengan menggunakan metode AHP ?

1.3.Batasan Masalah
Untuk memfokuskan penelitian, maka dibuat batasan dari perumusan masalah di atas, diantaranya sebagai berikut.
1.Sistem pendukung keputusan yang dibuat adalah sistem pendukung keputusan yang hanya membantu memberikan alternatif mahasiswa berprestasi tingkat perguruan tinggi.
2.Parameter atau kriteria pemilihan pengambilan keputusan yang digunakan merupakan hasil dari kebijakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi-Departemen Pendidikan Nasional (DIKTI), yakni IPK, Karya Tulis, Kegiatan Intra-Ekstrakurikuler, Kemampuan bahasa Inggris.
3.Untuk pemilihan mahasiswa berprestasi ini ditetapkan alternatif paling banyak adalah 12 orang (calon mahasiswa berprestasi), sedangkan paling sedikit 7 orang.
4.Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan model Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan skala kepentingan 1-6.

1.4.Tujuan Penelitian
Tujuan dilakukannya penelitian ini, diantaranya sebagai berikut.
1.Menerapkan metode AHP dalam membangun sistem pendukung keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi.
2.Membangun suatu prototype sistem pendukung keputusan untuk pemilihan mahasiswa berprestasi menggunakan metode Analytical Hierarchy Process.

1.5.Manfaat Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan harapan dapat memberikan manfaat, diantaranya.
1.Memodelkan sistem pendukung keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat perguruan tinggi dengan metode AHP.
2.Memudahkan para pengambil keputusan dalam mengambil keputusan untuk memilih mahasiswa berprestasi yang diharapkan.
3.Memotivasi untuk melakukan penelitian berikutnya, baik untuk permasalahan serupa maupun permasalahan lainnya dengan menggunakan metode yang sama.

1.6.Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, metode pengumpulan data dan metode pengembangan perangkat lunak.
1.Metode pengumpulan data
a.Metode studi literatur
Dengan mengumpulkan dan mempelajari literatur yang berkaitan dengan teori sistem pendukung keputusan yang berbasis komputer, mekanisme pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat universitas, dan metode AHP.
b.Metode wawancara
Dengan melakukan wawancara dengan lembaga atau instansi yang dijadikan objek penelitian, yakni untuk mendapatkan data-data atau informasi-informasi yang diperlukan untuk penelitian dan pembangunan perangkat lunak.
2.Metode pengembangan perangkat lunak
a.Metode pendekatan perangkat lunak
Metode yang digunakan adalah metode pendekatan terstruktur, yakni analisis yang terfokus pada aliran data. Pendekatan terstruktur mengenalkan beberapa alat untuk mengembangkan sistem terstruktur. Alat-alat tersebut diantaranya, data dictionary, entity relationship diagram (ERD), data flow diagram (DFD), process specification (Pspec).
b.Model Proses
Model proses yang digunakan untuk pembangunan perangkat lunak adalah model sekuensial linier.

1.7.Sistematika Penulisan
BAB I Pendahuluan
Bab ini berisi latar belakang penulis melakukan penelitian, rumusan dan batasan masalah,yang diperoleh dari latar belakang yang ada, menjelaskan tujuan dan manfaat dari penelitian, menjabarkan metode penelitian dan sistematika penelitian yang digunakan dalam penelitian.
BAB II Tinjauan Teori
Bab ini membahas semua teori-teori yang menjelaskan tentang sistem pendukung keputusan dan metode AHP.
BAB III Metodologi Penelitian
Bab ini membahas metode-metode yang digunakan dalam penelitian. Secara garis besar terdiri dari metode pengumpulan data dan metode pengembangan perangkat lunak.
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
Bab ini membahas secara mendalam masalah-masalah yang telah dirumuskan pada Bab Pendahuluan.
BAB V Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan merupakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada rumusan masalah dan intisari dari hasil penelitian.
Sedangkan saran merupakan kumpulan saran dan rekomendasi dari penulis untuk pengembangan sistem yang telah dibuat.
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

1. Batasan dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Perguruan Tinggi
Batasan yang diberikan dalam penyelesaian pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat perguruan tinggi diantaranya, sebagai berikut.
1.Data kriteria pemilihan yang digunakan bersifat tetap, yakni IPK, Karya Tulis, Kegiatan Akademik dan intra-ekstrakurikuler, dan Kemampuan Bahasa Inggris, dengan tingkat intensitas kepentingan (bobot) yang telah ditentukan.
2.Banyaknya calon atau kandidat mahasiswa berprestasi (alternatif pemilihan) dapat berubah tiap tahunnya (tiap dilakukan pemilihan).
  • Pengembangan Perangkat Lunak
  1. Analisis Sistem
1.1.Deskripsi Sistem
Sistem pendukung keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat perguruan tinggi ini merupakan suatu perangkat lunak yang dibangun untuk membantu pihak perguruan tinggi menyelesaikan permasalahan pemilihan mahasiswa berprestasi.
Sistem ini membantu dalam mengambil keputusan untuk menentukan peringkat 1,2,3 mahasiswa berprestasi se-perguruan tinggi dengan melihat faktor-faktor atau kriteria-kriteria yang ditetapkan.

Hasil dan Pembahasan 

Gambar 1.Desain Penelitian Pemilihan Mahasiswa Berprestasi
Sistem pendukung keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat perguruan tinggi ini merupakan subsistem dari Sistem Informasi Akademik (SIA) yang dimiliki perguruan tinggi, sebagian data induk yang dibutuhkan dapat diperoleh (retrieve data) dari SIA tersebut.
Sistem akan memastikan seluruh data awal yang dibutuhkan telah tersedia, kemudian dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), data akan diolah dan menghasilkan beberapa alternatif.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Gambar 2. Deskripsi SPK Pemilihan Mahasiswa Berprestasi

 
Demikianlah Hasil dari skripsi ini, karena banyaknya halaman dan pembahasan didalam skripsi ini, saya hanya mengambil point-point pentingnya saja yaitu, Metode AHP, dan Pengimplementasian Systemnya.


Sumber : www.google.co.id (file skripsi dalam bentuk format .pdf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar